Kamis, 23 Juni 2016

Materi Persamaan Dasar Akuntansi

                                        
A.  Pengertian Persamaan Dasar Akuntansi
Persamaan dasar akuntansi merupakan hubungan antara harta, utang dan modal yang dimiliki oleh perusahaan. Persamaan dasar akuntansi digunakan sebagai dasar pencatatan sistem akuntansi, artinya setiap transaksi yang terjadi harus dicatat dalam dua aspek. Transaksi yang merubah aktiva diimbangi perusahaan pada kewajiban. Jadi persamaan dasar akuntansi adalah keseimbangan antara sisi kiri (aktiva) dan sisi kanan (pasiva), perubahan yang timbul akibat adanya transaksi keuangan keseimbangan akan selalu dipertahankan.

B.  Unsur-Unsur Persamaan Dasar Akuntansi
1.    Aset/Aktiva (Assets)
Aset adalah  sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu, dan di masa depan manfaat ekonomi dari sumber diharapkan akan diperoleh perusahaan.
2.    Liabilitas / Kewajiban / Hutang (Liabilities)
Liabilitas merupakan tanggung jawab perusahaan pada saat ini yang timbul dari peristiwa masa lalu, yang penyelesaiannya diperkirakan akan membutuhkan sumber daya perusahaan.
3.    Ekuitas / Modal (Equity)
Adalah sisa kepentingan dalam aktiva suatu perusahaan setelah dikurangi kewajiban.
4.    Pendapatan (Revenue)
Adalah aliran masuk atau peningkatan lain atas aktiva atau penurunan kewajiban perusahaan sebagai akibat dari aktivitas penyerahan/penjualan atau pembuatan barang, jasa atau aktivitas lain yang merupakan kegiatan utama perusahaan yang dilakukan secara terus-menerus.
5.    Beban (Expenses)
Adalah arus keluar atau penggunaan lain atas aktiva atau peningkatan kewajiban karena adanya penyerahan atau pembuatan barang, jasa atau melakukan aktivitas lain yang merupakan kegiatan utama perusahaan yang dilakukan secara terus-menerus.
6.    Prive (Drawing)
Adalah pengambilan aset (kas) perusahaan oleh pemilik untuk kepentingan pribadinya

C.  Bentuk Persamaan Dasar Akuntansi
·      Keseimbangan Antara Harta dan Modal
Harta merupakan kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan dan merupakan sumber pembelanjaan untuk melakukan kegiatan usaha tersebut. Oleh karena itu, harta harus sama atau seimbang dengan sumber pembelanjaan. Sumber pembelanjaan yang diperoleh dari pemilik disebut ekuitas/modal. Keseimbangan atau kesamaan biasanya dinyatakan dalam suatu persamaan yaitu persamaan akuntansi.
                                                                 HARTA = MODAL
·      Harta Sama Dengan Utang Ditambah Modal
Harta perusahaan yang digunakan sebagai sumber pembelanjaan dalam kegiatan diperoleh melalui dua sumber, yaitu dari pemilik dan kreditur. Sumber pembelanjaan dari pemilik disebut ekuitas. Sedangkan sumber pembelanjaan yang diperoleh dari kreditur bagi pemilik akan menjadi suatu kewajiban untuk mengembalikan , hal ini disebut sebagai kewajiban/utang. Sehingga persamaannya dapat ditulis sebagai berikut:
                                                            HARTA = UTANG +MODAL
                                                           
Dalam operasi usaha dimungkinkan adanya pendapatan dan beban. Pendapatan adalah kenaikan harta yang diperoleh dari hasil penjualan barang atau jasa. Sedangkan beban adalah penurunan harta, karena merupakan pengorbanan untuk memperoleh pendapatan.
Pendapatan mempunyai sifat menambah modal, sedangkan beban mempunyai sifat mengurangi modal. Dengan demikian pendapatan dan beban akan mempengaruhi keadaan modal dalam perasamaan dasar akuntansi, dicatat dalam komponen modal. Namun, untuk pengembangan akuntansi pencatatan pendapatan dan beban dapat dipisahkan dari modal. Sehingga bentuk persamaan dapat dinyatakan sebagai berikut:
                                             HARTA = UTANG +MODAL+ PENDAPATAN - BEBAN 

D.  Fungsi Persamaan Dasar Akuntansi
     Persamaan dasar akuntansi berguna untuk mengetahui perubahan kekayaan dalam perusahaan setiap terjadi transaksi. Dan mengetahui berapa yang telah digunakan dan dibelanjakan dalam satu periode akuntansi.

E.  Analisis Pengaruh Transaksi Ke Persamaan Dasar Akuntansi
     Setiap transaksi yang terjadi akan mempengaruhi posisi keuangan perusahaan. Pengaruh transaksi tersebut dapat menambah atau mengurangi komponen keuangan perusahaan yaitu, harta,utang, dan modal. Perubahan komponen posisi keuangan pada persamaan dasar akuntansi dapat dikelompokan sebagai berikut:
1.    Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta, yang terjadi akibat perubahan harta yang diikuti dengan perubahan harta yang lain dalam jumlah yang sama.
2.    Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta dan utang dalam jumlah yang sama.
3.    Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta dan modal dalam jumlah yang sama.
4.    Setiap transaksi dapat mempengaruhi harta dengan perubahan utang dan modal dalam jumlah yang sama.

Untuk lebih detail, lihatlah tabel di bawah ini:
No.
Jenis Transaksi
Pengaruh Persamaan Dasar Akuntansi
1.
Penanaman uang pemilik perusahaan
Aset bertambah, ekuitas bertambah
2.
Pembelian tunai
Aset bertambah, mengurangi aset yang lain
3.
Pembelian kredit
Aset bertambah, liabilitas bertambah
4.
Penerimaan penghasilan
Aset bertambah, ekuitas bertambah
5.
Pembayaran hutang
Aset berkurang, liabilitas berkurang
6.
Penerimaan tagihan
Aset bertambah, aset lain berkurang
7.
Pembayaran beban
Harta  berkurang, ekuitas berkurang
8.
Pengambilan uang untuk keperluan pribadi
Harta berkurang, ekuitas berkurang

5 komentar:

  1. Terima telah membantu, Semoga Selalu bermanfaat untuk Semuanya, Apa Itu Aplikasi Laporan Keuangan

    BalasHapus
  2. terimakasih kak atas materinya, saya lulusan smk akuntansi 1 tahun yg lalu, saya udah lupa pelajarannya dan sekarang mau mengulangnya dari awal lagi, apakah masih ada materi selanjutnya? mohon bantuan materinya kak, terimakasih :)

    BalasHapus
  3. wah artikelnya sangat bermanfaat, bila ingin tau mengenai pengertian persamaan dasar akuntansi boleh lihat artikel yg ini ya PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI

    BalasHapus
  4. Terimakasih atas bantuannya untuk materi dan informasi yang saya inginkan.

    BalasHapus
  5. Terimakasih sudah membuat artikel tentang Persamaan Dasar Akuntansi sangat bermanfaat

    BalasHapus