A. TUJUAN
Berdasar Neraca Lajur dapat disusun laporan keuangan
perusahaan. Tujuan
dari disusunnya laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang
menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu
perusahaan yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan pemakaiannya.
Laporan
juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban
manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.
Untuk membuat laporan keuangan, Neraca Lajur
sangat membantu dalam proses pelaporan. Karena neraca lajur merupakan alat
bantu untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan yang meliputi:
1.
Laporan Laba – Rugi (Income Statement)
2.
Laporan Neraca (Balance Sheet)
3.
Laporan Perubahan Ekuitas/Modal pemilik (Owner’s Equity Statement)
4.
Laporan Arus Kas (Cash
flows Statement)
B. LAPORAN KEUANGAN
Laporan keuangan perusahaan terdiri dari :
1.
Laporan Laba Rugi
yaitu laporan mengenai
pendapatan, beban, dan laba atau rugi suatu perusahaan dalam suatu periode
tertentu.
2.
Laporan Perubahan Modal
yaitu laporan yang
menyajikan perubahan modal karena penambahan dan pengurangan dari laba/rugi dan
transaksi pemilik.
3.
Neraca
yaitu laporan yang
menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi aktiva,
kewajiban dan ekuitas pada suatu saat tertentu.
4. Laporan Arus Kas
Yaitu
laporan yang menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas selama satu periode
tertentu
5. Catatan Atas Laporan
Keuangan
Yaitu
berisi rincian neraca dan laporan laba rugi, kebijakan akuntansi dsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar