Kamis, 23 Juni 2016

Materi Laporan Keuangan

A. TUJUAN
Berdasar Neraca Lajur dapat disusun laporan keuangan perusahaan. Tujuan dari disusunnya laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja, serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pengambilan keputusan pemakaiannya.
Laporan juga menunjukkan apa yang telah dilakukan manajemen atau pertanggungjawaban manajemen atas sumber daya yang dipercayakan kepadanya.
Untuk membuat laporan keuangan, Neraca Lajur sangat membantu dalam proses pelaporan. Karena neraca lajur merupakan alat bantu untuk memudahkan dalam membuat laporan keuangan yang meliputi:
1.        Laporan Laba – Rugi (Income Statement)
2.          Laporan Neraca (Balance Sheet)
3.        Laporan Perubahan Ekuitas/Modal pemilik (Owner’s Equity Statement)
4.         Laporan Arus Kas (Cash flows Statement)

B. LAPORAN KEUANGAN
Laporan keuangan perusahaan terdiri dari :
1.      Laporan Laba Rugi
       yaitu laporan mengenai pendapatan, beban, dan laba atau rugi suatu perusahaan dalam suatu periode tertentu. 
2.      Laporan Perubahan Modal
       yaitu laporan yang menyajikan perubahan modal karena penambahan dan pengurangan dari laba/rugi dan transaksi pemilik.  
3.      Neraca
       yaitu laporan yang menggambarkan posisi keuangan dari suatu perusahaan yang meliputi aktiva, kewajiban dan ekuitas pada suatu saat tertentu. 
4.    Laporan Arus Kas
Yaitu laporan yang menggambarkan penerimaan dan pengeluaran kas selama satu periode tertentu
5.   Catatan Atas Laporan Keuangan
Yaitu berisi rincian neraca dan laporan laba rugi, kebijakan akuntansi dsb.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar